HARDWARE dan Fungsinya bagi Komputer

hardwareSebuah komputer tentunya terdiri dari beberapa bagian penting. Pada bab ini akan dibahas salah satu bagian terpenting dari sebuah komputer, yaitu Hardware. Tanpa adanya hardware bagaimana sebuah komputer dapat difungsikan ?

Hardware (Dalam Bahasa Indonesia disebut Perangkat Keras) merupakan alat atau elemen yang jelas bentuknya, dapat dilihat dan dirasa (disentuh). Dalam dunia komputer, hardware berarti perangkat keras yang mendukung sebuah komputer agar dapat dioprasikan.

A. INPUT DEVICE.

Digunakan untuk mentransmisikan (meyebarkan) data ke processing dan stroge hardware.

1. Keyboard.
Merupakan salah satu input hardware berupa papan ketikyang derisikan tombol-tombol huruf, angka, serta tombol-tombol khusus lainnya. Keyboard dapat juga digunakan untuk melakukan berbagai perintah dengan kombinasi beberapa tombol.

gambar keyboard :images_0043

2. Mouse.
Merupakan input device yang digunakan untu menggerakan pointer yang terlihat di layer monitor.
Bagian-bagian Mouse :
-Tombol primer, yaitu tombol mouse sebelah kiri yang digunakan untuk   melakukan perintah.
– Tombol sekunder, yaitu tombol mouse sebelah kanan yang digunakan untuk menampilkan menu-menu edit seperti cut, copy, paste, dll.
– Bola, yaitu bagian dalam mouse yang digunakan sebagai penggerak pointer.

Penggunaan mouse :
Point, memindahkan dan meletakan pointer pada posisi yang diinginkan pengguna.
Click, menekan tombol sebelah kiri mose satu kali secara cepat dan melepaskannya.
Double Click, menekan tombol mouse sebelah kiri dua kali berturut-turut secara cepat tanpa menggeser mouse.
Drag, Menekan tombol sebelah kiri mouse tanpa melepasnya, kemudian gerakan sampai pada posisi yang diinginkan.

gambar mouse :images_005

3. Scanner.
Merupakan jenis input device yang digunakan untuk menyalin atau mentransformasikan gambar yang bersifat grafis atau text ke dalam komputer secara cepat dan mudah.

gambar scanner :

images_0191

4. Handwriting Recognition.
Input device yang berfungsi untuk memasukan data ke dalam sebuah sistem koputer dengan cara menuliskannya pada pad elektronis yang sensitif.

gambar handwritingnition :images_0121

5. Modem.
Merupakan input device yang digunakan untuk menghubungkan suatu komputer dengan komputer yang lainnya melalui suatu jaringan telepon.

gambar modem :images_0091

6. Light pen.
Salah satu input data yang digunakan untuk memasukan data ke dalam sistem komputer dalam bentuk grafik. Penggunaanya dilakukan dengan cara melukiskan pena pada suatu media.

gambar light pen :

images_0202

7. Bar cod reader.
Merupakan device yang digunakan untuk membaca suatu text yang dituliskan dengan pola garis-garis hitam putih. Biasa digunakan pada toko-toko untuk menidentifikasi jenis barang.

gambar :

images_0181

8. Voice recognition device.
Input data yang digunakan untuk memasukan data berupa suara ke dalam sinyal interpreter. Diperlukan untuk membantu meringankan pmakai untuk mengetik atau mengedit hasil ketiannya.

gambar :

images_0203


B. PROCESSING HARDWARE.

Merupakan hardware yang bertugas untuk menghitung, membandingkan, dan melaksanakan instruksi-instruksi khusus.

1. Central Processing Unit (CPU).
Merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah komputer, karena merupakan pusat fikiran dari komputer itu sendiri, yaitu merupakan pusat pengolahan serta pengontrolan dari keseluruhan sistem komputer yang sedang berjalan.

gambar CPU :images_0151

Bagian – bagian CPU :
a. Control Unit.
Bertugas mengambil alih instruksi-instruksi dari sistem memory dan menterjemahkannya. Control unit juga bertindak sebagai pengontrol dan pengkoordinir keseluruhan sistem komputer dalam melakukan pengolahan data.
Contoh : Mengontrol cara kerja input dan output device.

b. ALU (Arithmatic – Logic Unit).
Bertindak melaksanakan instruksi yang telah diterjemahkan oleh control unit serta melaksanakan operasi perhitungan dan juga logika.

c. Memory.
Digunakan untuk menyimpan hasil instruksi data dan instruksi program. Sebagai tempat penyimpanan, memori mempunyai ruang-ruang penyimpanan dimana masing-masing ruangan penyimpanan tersebut mempunyai alamat sendiri yang berupa nomor –nomor yang menunjuk lokasi tertentu di memori.

– RAM (Random Accsess Memory).
Merupakan memori yang berfungsi untuk menyimpan sementara perintah dan data saat sebuah program dijalankan. Perintah dan data tersebut mencakup data yang akan dibaca dari harddisk, data-data yang dimasukkan melalui alat input komputer, dan juga data-data hasil pemrosesan sebuah program. Satuan ukuran kemampuan sebuah memori untuk menyimpan informasi disebut byte.

gambar :

images_015

– ROM (Read Only Memory).
ROM digunakan untuk menyimpan perintah dan data-data secara tetap. Sesuai dengan namanya, komputer hanya dapat membaca data dan perintah yang terdapat di ROM. Komputer tidak dapat mengubah data dan perintah yang tersimpan di ROM. Perintah-perintah yang disimpan didalam ROM merupakan perintah tetap yang dibutuhkan oleh komputer.

gambar :

images_0042

C. STORAGE.

Komputer mempunyai berbagai media penyimpanan (Sorage) tetap dengan berbagai sifat, kelebihan, dan kekurangannya. Kelebihan dan kekurangan tersebut dilihat dari sisi kapasitas penyimpanan, mobilitas, kecepatan akses, kemampuan menghapus dan menulis data, begitu juga harga.

1. Harddisk.
Merupakan media penyimpanan dengan kapasitas yang terbesar dibandingkan media penyimpanan data lainnya. Pengaksesan data melalui harddisk adalah yang tercepat dibandingkan melalui penyompanan data yang lain.

gambar harddisk :images_007

2. Disket.
Disket atau 31/2 floopy disk digunakan untuk menyimpan data, sama halnya dengan harddisk. Perbedaannya, disket hanya mampu menyimpan data sampai 1,44 MB selain itu kecepatan akses datanya pun lambat. Disket dapat dibaca dengan alat yang bernama disk drive.

gambar :

images_0051

3. CD-ROM, CD-R, CD-RW, DVD, DVD-RW
Merupakan media penyimpanan data berupa kepingan CD, harganya relatif murah, kapasitas penyimpanannya pun cukup besar mulai dari 700 MB (untuk CD) sampai dengan 3 GB (untuk DVD), namun aksesnya sedikit lebih lambat dibandingkan harddisk atau flash disk. Untuk dapat membaca dan menuliskan data, media penyimpanan ini membutuhkan perangkat yang disebut dengan CD drive ataupun DVD drive.

gambar :

images_008

D. OUTPUT HARDWARE.


1. Printer.
Dari sekian banyak jenis output hardware, printer merupakan jenis output hardware yang banyak digunakan.
– Character printer, mencetak per karakter, lambat, umumnya murah.
– Line printer, mencetak perbaris.
– Page printer, mencetak per halaman, seperti mesin photo copy dan biasanya menggunakan laser agar menghasilkan printed character.

a. Impact printer, memukul kertas saat mencetak, sehingga lebih berisik.
Contoh : dot matrix printer.images_003
b. Non-impact printer, menggunakan sistem photoelectric untuk mencetak.
Contoh : laser printer.images_0192
c. Bit-mapped printer, bekerja atas dasar pengalamatan pada setiap dot yang
membentuk baris dan kolom halaman kertas.
Keuntungannya : Dapat mencetak karakter dan gambar dengan mulus.
Kerugiannya : Komputer harus mengirim lebih banyak instruksi dan data ke printer untuk mengkonvert data dan alamat setiap dot.

Selain printer, output device lainnya adalah voice output, plotter dan layar monitor. Layar monitor dapat juga dimasukan sebagai input device, karena membantu melihat apa yang telah diketikan oleh input device keyboard.

Plotter mempunyai fungsi yang lebih rumit sehingga dapat digunakan untuk membuat grafik, diagram, peta, microfilm, dan microfiche.images_0171

2. Monitor.

Monitor digolongkan sebagai Output device karena dapat berfungsi untuk melihat hasil yang diinput oleh input device. contohnya untuk melihat hasil ketikan yang diketik dengan keyboard.

gambar monitor :     monitor


E. LAINNYA.


1. Motherboard
Motherboard atau sering disebut dengan mainboard merupakan perangkat komputer yang sering merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat perangkat-perangkat lain, seperti prosessor, memori VGA card, Sound card dan LAN card. Setiap perangkat memiliki slot tersendiri yang memungkinkan perangkat tersebut melekat di motherboard.

Selain dilengkapi dengan slot-slot, motherboard juga dilengkapi dengan jalur-jalur koneksi yang memungkinkan perangkat-perangkat komputer berkomunikasi satu sama lainnya.
Biasanya, motherboard didesain untuk digunakan oleh prosessor tertentu. Sehingga motherboard yang didesain untuik prosesor Intel tidak akan dapat digunakan untuk prosessor AMD, demikian juga sebaliknya.

gambar :images_0193

2. VGA Card
VGA card adalah peralatan konmputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal gambar. VGA Card memungkinkan data-data dalam bentuk ditampilkan dalam bentuk digital ditampilkan dalam bentuk gambar di layar monitor.

Secara fisik, VGA Card merupakan kartu elektronik yang dipasangkan pada slot yang terdapat pada motherboard. Kemudian pada salah satu sisi VGA card dilengkapi dengan plug untuk memasangkan kabel yang dihubungkan dengan monitor komputer.

Selain dalam bentuk kartu elektronik yang dipasangkan pada slot motherboard, ada juga beberapa motherboard yang telah dilengkapi dengan VGA Card (Built-in). Namun, resikonya adalah jika salah satu komponen itu rusak (VGA Card atau Motherboard) maka kita harus mengganti keduanya.

gambar :images_0182

3. Sound Card
Sound card adalah peralatan konmputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara. Sound card memungkinkan data-data suara seperti lagu yang tersimpan di komputer dapat didengar melalui perangkat keluaran (speaker atau headset).

Secara fisik , sound card merupakan kartu elektronik yang dipasangkan pada slot yang terdapat pada motherboard, dan pada sisi belakang sound card terdapat plug untuk memasangkan kabel yang menghubungkannya ke perangkat input (microphone) dan output suara (speaker atau headset)

Kita harus menginstall software drivernya terlebih dahulu agar Sound card dapat dikenal oleh komputer. File-file driver tersebut akan memberi tahu sistem operasi, sehingga sound card dapt bekerja dengan baik. Seperti halnya VGA card, Selain dalam bentuk kartu elektronik yang dipasangkan pada slot motherboard, ada juga beberapa motherboard yang telah dilengkapi dengan Sound Card (Built-in). Namun, resikonya adalah jika salah satu komponen itu rusak (Sound Card atau Motherboard) maka kita harus mengganti keduanya.

gambar :images_0183


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: