net..net..net… lagi lagi Internet….

internet-2Bagi manusia modern, INTERNET adalah sebuah kemudahan. Dengan menjelajahi jaringan internet, kita akan memperoleh banyak info. Kita dapat mengakses berita dari seluruh penjuru dunia tanpa harus menunggu dalam waktu yang lama.

Tahun – tahun belakangan ini, internet semakin memiliki arti penting bagi manusia. Internet bukan lagi berperan sebagai sarana untuk memperoleh informasi, namum berkembang menjadi alat komunikasi yang canggih. dengan biaya murah, serta akses yang cepat dan mudah, kita dapat bertemu dan mengobrol dengan teman-teman dari berbagai tempat. Boleh dibilang internet saat ini telah menjadi alternatif pengganti telepon yang berbiaya mahal itu.

Internet… Interconnected – Networking, ialah hubungan antar computer dengan berbagai tipe yang membentuk system jaringan, yang terhubung secara global melalaui jalur telekomunikasi seperti, telepon, radio link, satelit, dan lainnya.

Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan computer ini digunakan Protokol, yaitu TCP / IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar. Sedangkan IP (Internet Protokol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TCP / IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data , memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat digunakan, mengatur dan mengirmkan paket-paket pengirimkan data.

Untuk dapat menggunakan fasilitas internet, biasanya pengguna harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang terdapat di kota pengguna. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet. Contoh penyelenggara jasa internet yang terdapat di Indonesia antara lain Telkomnet Instan dari Telkom, Indosat IM2 dari Indosat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan memanfaatkan fasilitas internet, pemakai komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk saling berkomunikasi dan pemakaian bersama informasi diantaranya dengan cara saling kirim e-mail (Elektronik Mail), menghubungkan ke komuter lain, mengirim dan menerima file, dan lain-lain

Munculnya Internet…
Munculnya Internet diawali pada tahun 1969 sebagai ARPANET, yang dibangun oleh ARPA (United States Departement of Defense Advanced Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan awal yang dibuat oleh ARPANET termasuk kaedah rangkaian tanpa pusat (Decentralized Network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching).

Pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NPC ke TPC / IP. Ini merupakan awal dari Internet yang dikenal saat ini.
Pada sekitar 1990-an, Internet telah berkembang dan menyambungkan kebanyakan pengguna jaringan – jaringan komputer yang ada.

Internet Saat Ini…
Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia.Selain itu juga, Internet memungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antar pengguna melalui program pengiriman pesan instant seperti Yahoo! Messenger (YM), MSN Messenger dan Windows Live Messenger.

Internet Membudaya…
Jumlah pengguna Internet yang banyak dan semakin berkembang telah membuat internet membudaya. Internet mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu dan pandangan dunia. Hanya dengan menggunakan mesin pencarian seperti Google, pengguna di seluruh dunia manapun dapat mengakses berbagai informasi. Tentunya dibandingkan dengan buku dan perpustkaan, Internet lebih efisien dalam menyebarkan (decentralization) pengetahuan (knowlwdge) informasi dan data.

Budaya Internet juga berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi. Contohnya saja, berbagai transaksi ekonomi yang biasanya hanya dilakukan dengan cara tatap muka kini dengan sangat mudah dapat dilakukan melalui Internet. Transaksi ini dikenal dengan nama e-commerce.

Dalam bidang Pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melaui e-goverment.

googleimages_0184ix

Pengaksesan Internet…
1. Dial-up Connection.
Merupakan koneksi ke internet yang bersifat sementara, dengan hubungan yang bersifat lokal. Untuk dapat memanfaatkan dial-up ini, dibutuhkan hardware berupa komputer itu sendiri, modem, dan saluran telepon.

Yang perlu dilakukan adalah berlangganan ke salah satu ISP, memasang modem ke komputer, dan menginstal software internet yang disediakan oleh ISP. Username dan Password yang digunakan disediakan oleh ISP tempat berlangganan. Ussername tidak dapat dirubah sesuai dengan keinginan pengguna, sedangkan Password dapat diganti sendiri secara berkala guna untuk menjaga keamanan.

Dial-up Connection ini pada umumnya digunakan oleh pengguna yang menginginkan pengaksesan internet di rumah. Komputer yang digunakan untuk dial-up pada umumnya adalah sebuah komputer tunggal (bukan jaringan komputer).

2. Dedicated Connection.
Bersifat menetap, artinya hubungan ke internet berlangsung selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 hari setahun. Jenis koneki ini biasa digunakan oleh peruasahaan atau instansi – instansi dengan jumlah karyawan dan komputer yang benyak.

Dengan Dedicated Connection, beberapa komputer dapat dibuat menjadi sebuah jaringan komputer lokal (Lokal Area Ntwork – LAN), tentunya dengan menggunakan peralatan tambahan berupa HUB. Agar semua komputer tersebut dapat terhubung dengan LAN, maka setiap komputer harus dilengkapi dengan Ethernet Card.

Agar LAN dapat dihubungkan dengan internet, LAN tersebut harus dihubungkan dengan ke salah satu ISP melalui Router dan Moden khusus. Dengan cara ini hanya diperlukan satu jalur komunikasi untuk melayani semua komputer yang tersambung di LAN.

Klasifikasi Jaringan Komputer.

a. Local Area Network (LAN).

Jaringan komputer yang hanya mencakup area yang sempit, sperti gedung, atau beberapa gedung yang berdekatan.

Client / Server.

Client sebagai pengakses data, sedangkan server yang memberikan data.

lan1

Peer to peer.

Pengaksesan data hanya dapat dilakukan pada satu komputer saja.

b. Metropolitan Area Network (MAN).

Jaringan komputer yang mencakup geografis sebuah kota. Merupakan pembesaran dari LAN. Dapat mencakup area sekitar 10-45 km.

man1

c. Wide Area Network (WAN).

Mencakup geografis yang luas, misalnya sebuah negara ataupun benua.

wan11


Topologi Jaringan Komputer.

Merupakan bentuk jaringan dimana komputer terhubung. Topologi menrangkan layout dari perangkat keras sebuah jaringan.

1.    Linier Bus.

Semua simpul-simpul komputer dihubungkan melalui kabel yang disebut dengan Bus ke dalam sebuah jaringan.

linier-bis1

2. Ring.

Informasi dikirimkan oleh sebuah komputer, akan melewati satu komputer ke komputer berikutnya secara melingkar searah jarum jam.

ring2

3. Star.

Memiliki komponen yang bertindak sebagai pusat pengontrol komunikasi yang disebut dengan Konsentrator.

Ada dua buah jenis Konsentrator :

a. HUB, dipecah sebanyak jalur yang terhubung.

b. Switch, dikirimkan secara utuh.

star1

Internet di Indonesia…
Pertumbuhan jaringan internet di Indonesia menunjukan trend yang sangat positif, walaupun masih dalam tahap awal dan belum memasyarakat seperti halnya di negara-negara maju lainnya.

Penggunaan Internet di tempat umum…

Internet juga semakin banyak digunakan di tempat umum. Berapa tempat umum yang menyediakan layanan internet antara lain perpustakaan, dan internet cafe / wernet (Cyber Cafe). Terdapat juga tempat awam yang menyediakan pusat akses internet, seperti Kios, Public access Terminal, dan Telepon web.
Terdapat juga toko-toko yang menyediakan akses wi-fi, seperti Wifi-cafe. Pengguna hanya perlu membawa laptop (notebook), atau PDA, yang mempunyai kemampuan wifi untuk mendapatkan akses internet.


Tokoh Tokoh Internet Dunia…
Timothy Barners Lee pencipta www (World Wide Web).
Roy Tomlinson pencipta @ (at) pada alamat e-mail.
Robert Caillau
Bill Atkinson
Ted Nelson
Vannevar Bush
Douglas Engelbart

Istilah – Istilah Internet…


WWW (World Wide Web).
Merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi yang daat digunakan bersama. Layaknya perpustakaan, bermacam-macam informasi yang dibutuhkan dapat ditemuakn di www, seperti informasi polotik, ekonomi, sosial, budaya, sastra, sejarah, teknologi, pendidikan, dan sebagainya.

Web.
Merupakan fasilitas hypertext yang bermanfaat untuk menampilkan data berupa teks, gambar, suara, animasi, dan data-data multimedia lainnya yang saling terhubung sesamanya. Untuk dapat ememudahkan pengguna dalam membaca data dan informasi tersebut pengguna dapat menggunakan web browser yang ada, seperti Internet Explorer yang terdapat pada Windows ataupun Mozilla Firefox.

Web Site (Situs Web).
Merupakan keseluruhan isi web server yang dimiliki oleh seseorang atau lembaga tertentu . Web site bisa diibaratkan sebagai sebuah buku yang terdiri dari halaman-halaman tertentu, termasuk cover dan daftar isi.

Web Pages (Halaman Web).
Layaknya sebuah buku yang mempunyai halaman khusus, web pages merupakan halaman khusus sebuah web site. Karena satu halaman web biasanya merupakan sebuah file, satu web page bisa juga disebut sebagai satu file HTML. File HTML adalah jenis file yang digunakan untuk menyimpan semua data yang akan diakses oleh internet.

Homepage.
Homepage merupakan halaman depan atau halaman utama sebuah web site yang berisi menu dan link ke halaman – halaman lainnya di internet. Site memiliki makna sebuah komputer yang terhubung ke internet dan menyajikan layanan atau informasi, seperti e-mail, newsgroup, halaman web dan chatting. Bisa diibaratkan sebuah buku atau ruang tamu sebuah rumah.

URL (Universal Resourse Locator)
Merupakan alamat sebuah dokumen atau sumber lainnya di internet yang diawali oleh protokol, seperti http atau ftp, dan diikuti oleh IP (Internet Protokol) atau nama domain.

Anatomi URL : protokol://nama_host/path/nama_file
– Protokol adalah jenis protokol yang akan digunakan, seperti http,ftp, dan mailto.
– Nama_host adalah nama host (domain) yang dipanggil (download).
– Path adalah lokasi atau direktori tempat file – file diletakan pada web server.
– Nama_file adalah nama file yang dipanggil (download).

Contoh URL : http://www.ajangkita.com/berita/domain_baru.htm
– http adalah protocol yang digunakan.
http://www.ajangkita.com adalah host_name.
– berita adalah path atau direktori yang dituju.
– domain_baru.htm adalah nama file yang diakses.
Dalam mengakses sebuah homepage, format URL tidak perlu ditulis secara lengkap. Cukup dengan mengetikan http://www.ajangkita.com, atau ajangkita.com saja. Alasannya adalah :
1. Protokol http:// adalah protokol default, sehingga tanpa diketik pun browser akan langsung tahu bahwa pengguna sedang mengakses protokol http://.
2. www adalah domain level yang sangat umum, sehinga tanpa diketik pun browser akan dapat mengenalinya.
3. /berita/domain_baru.htm adalah file yang dapat diakses dari halaman http://www.ajangkita.com.

Hypertext
Dalam dunia internet, Hipertext sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari World Wide Web (WWW, dibaca triple double u). Bahkan Tim Berners Lee membuat standar dokumen dengan nama HTML dan protokol HTTP dengan huruf ”H” tersebut merupakan singkatan dari ”hypertext”. Ide hypertext mulanya diimajinasikan oleh Vannevar Bush pada tahun 1945.
HTTP (Hypertext Transfer Protocol) yaitu sebuah protokol yang didesain untuk mentransfer sebuah file yang berisi hypertext, seperti HTML.

HTML (Hypertext Markup Language)
Merpakan salah satu anak (variasi) dari SGML (Standard Generalized Markup Language), yaitu sebuah standar dari ISO (International Organization for Standarization) untuk pertukaran dokumen secara elektronik. HTML digunakan untuk menuliskan isi halaman web sehingga hasilnya dapat dibaca dan ditampilkan oleh web browser, seperti Internet Explorer.


Fasilitas Internet…


E – Mail (Electronic Mail).
Dengan memanfaatkan fasilitas ini pengguna memungkinkan untuk dapat saling berkirim dan menerima surat elektronik (e-mail) dari pemakai komputer lain yang terhubung melalui internet. Dengan e-mail, pengguna juga dapat menyertakan file sebagai lampiran (attachment).

images_0092

Newsgroup.

Fasilitas ini dapat digunakan untuk memasarkan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran, iklan, ataupun file ke pengguna internet lain yang tergabung dengan kelompok diskusi dengan topik tertentu. Fasilitas ini juga dapat dimanfaatkan untuk saling melakukan diskusi , seminar, ataupun konferensi dengan cara elektronik tanpa terkait waktu, ruang, dan tempat.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: